13 Ciri Unik Khas Orang Sunda

Salah satu tingkat daerah yang paling tinggi dari segi ekonomi di Indonesia ekonomi adalah Sunda. Sunda di sini adalah di Jawa Barat, memiliki sifat yang unik yang dapat ditemukan di Jawa Barat disuku lainnya. Apakah Anda ingin tahu apa 13 ciri-ciri orang Sunda ?

Seluk beluk bagaimana kehidupan Orang Sunda. Kehadiran orang Sunda tidak perlu dipertanyakan lagi. Suku yang terkenal dengan keindahan orang dengan keramahan di Jawa bagian barat.

Namun, tidak hanya itu, masih ada hal-hal lain yang banyak orang belum tahu tentang Orang Sunda! Penilaian Orang terhadap orang Sunda, dikatakan matre, malas dan jago kandang,. Agar tidak salah lagi tentang sunda. kamu wajib tahu gimana orang Sunda itu? Selamat membaca artikel tentang Hal Unik di Dunia 13 ciri Orang Sunda.

1.  Kulit Putih serta Punya Tekstur Muka Mirip

Kulit Putih serta Punya Tekstur Muka Mirip

Ciri orang Sunda adalah mempunyai wajah yang Putih dan mempunyai jenis wajah yang sama.  Tak heran Sunda dikenal dengan istilah "Kembang Desa", baik pria atau wanita terkenal dengan pesona wajah yang sangat menarik. Itu sebabnya dahulu penjajah Belanda sering menjadikan wanita pribumi sebagai istri. Tapi jika menemukan orang sunda dengan kulit hitam di jalan, tiu karena mereka sering main layangan, jadi kulit mereka hitam. 

2.  Mengganti huruf F jadi P

Mengganti huruf F jadi P

Ini sudah jadi kebiasaan, karena kebiasaan orang sunda menukar huruf, seperti huruf f menjadi hurup P. Jadi dalam berbicarapun orang sunda suka di kacangin dengan disuruh menyebut huruf F. Tapi itu menjadi keunikan dari suku sunda.

3.  Tidak bisa lepas dari "Teh", dan "Mah"

Tidak bisa lepas dari "Teh", dan "Mah"

Orang sunda asli tentunya akan sangat familiar dengan kata mah dan the, mau berbicara bahasa Indonesia atau sunda sekalipun kata “mah” dan “teh” sulit untuk dilepaskan. Iya kan ? 

4.  Lemah Lembut Berbicara dan Gemulai Pastinya

Lemah Lembut Berbicara dan Gemulai Pastinya

Orang Sunda itu sangat terkenal dengan keramahan ketika mereka menyapa dan dalam bergaul dengan orang-orang disekitar mereka. Selalu tersenyum, diikuti dengan sapaan “Teh” / "Neng" untuk wanita dan "A" / “Kang” untuk Pria.
Tapi hati-hati jika Orang Sunda sudah marah, bisa-bisa anda akan merasa tersudutkan.

5.  Aksara Sunda

Aksara Sunda

Bahasa Sunda merupakan satu satunya bahasa daerah dari Indonesia yang sudah diaplikasikan ke dalam bahasa computer dengan lisensi UNICODE (Lisensi Bahasa Komputer Internasional) Itu merupakan suatu kebanggaan bagi orang sunda, 

6.  Orang Sunda Jarang Merantau

Orang Sunda Jarang Merantau

Orang sunda jarang merantau keluar jawa Barat, karena Pusat Kotanya kan di Jawa Barat, Jakarta juga cuma beberapa kilometer bisa ditempuh, pendidikan, hiburan, pantai, mall, pegunungan, persawahan, perkantoran, pertokoan, grosir, kampung, kebudayaan, keagamaan, dan semua hal yang dibutuhkan ada di Jawa Barat atau sekitarnya, sehingga banyak orang Jawa Barat yang enggan Pergi keluar Jawa Barat, karena semua peluangnya ada disini.

7.  Sunda = Kuliner.

Sunda = Kuliner.

Ini dia ciri orang sunda yang ke tujuh, yaitu Kuliner. Orang Sunda terkenal dengan segala macam kuliner yang Mantap. Sajiannya dengan ciri Khas alami, dan yang paling menjadi primadona di sunda ini adalah “Sambal”, tidak lengkap rasakan makanan sunda tidak menggunakan sambal. 

Nasi Panas, Empal Daging, Sambel Goreng Terasi, Pete, Kangkung, Ikan Asin, Ayam Bakar, Tempe Tahu, Lalapan, Ikan gurame goreng, Sayurnya Sayus Asem, Sambel Kecap, dan yang terakhir adalah Teh Hangat. Tidak Lupa, sekarang sudah banyak muncul kuliner yang lebih beraneka ragam lagi.

8.  Sholat Itu Nomer SATU!

Sholat Itu Nomer SATU!

Sholat ini menjadi kewajiban semua orang baik yang berada di sunda atau di daerah lainnya, tapi bedanya dimanapun mereka berada orang sunda selalu melaksanakan sholat pada waktunya. Ketika sedang bekerja di sawah, dihutan sekalipun mereka selalu menyempatkan untuk sholat.

9.  Susah Nabung

Susah Nabung

Ini merupakan ciri yang lainnya dari Orang Sunda, terkadang orang sunda susah sekali menyisihkan uangnnya untuk menabung, mereka lebih memilih untuk langsung menggunakan uang mereka membeli keperluan masing-masing. Asal tahu saja kalo jadi orang sunda itu gengsinya gede. Tapi jangan salah selain royal seperti itu, Orang sunda selalu ketika mereka mengunjungi sanak sodara, kadang anak dari sodara mereka suka diberi uang ketika akan pulang.

10.  Orang Sunda Senang Bekerja di Kantoran.

Orang Sunda Senang Bekerja di Kantoran.

Orang Sunda lebih senang kerja yang nyaman tanpa beban dan enggak ribet. Jadi jarang orang Sunda yang jadi pengusaha, banyaknya jadi Pekerja. Sebenernya kembali lagi ke Gengsi, orang Sunda punya gengsi besar antar orang Sunda, Sekolah, Pekerjaan, Rumah dan Kendaraan jadi hal yang memiliki Gengsi tinggi. 

11.  Orang Sunda Humoris.

 Orang Sunda Humoris.

Siapa yang tidak kenal Sule, dia dalah pelawak asli Bandung yang sangat terkenal karena penampilannya yang sangat lucu. Kenyataanya sejak lama memang banyak sekali cerita-cerita Sunda yang lucu, contohnya Kabayan yang pemalas namun cerdik, ini mungkin karena sifat orang sunda yang humoris dan periang.

12.  Orang Sunda = Kreatif

Orang Sunda = Kreatif

Orang sunda terkenal dengan kreatif, apalagi kalo soal musik. Alat music di sunda itu banyak macamnya dari yang terkenal mulai dari angklung sampai  dengan karinding, dan masih banyak lagi alat music lainnya.

13.  Logak Sunda Lain dari pada yang lain

Logak Sunda Lain dari pada yang lain

Jika kalian punya teman orang sunda, maka kalian tahu bahwa dia adalah orang sunda meskipun baru pertama kali bertemu, anda tahu kenapa ? Itu karena logak orang sunda akan terdengar sangat khas. 

Nah itulah ciri-ciri orang sunda, yang merasa orang sunda tentunya sudah mengalami hal seperti ini yang, dan tentunya merasakan hal-hal seperti yang saya sebutkan di atas. Namun di luar itu semua, suku Sunda sungguh sangat kaya, Jadi jangan malu, menjadi suku sunda. Itulah Hal Unik yang ada di Sunda.

Related Posts:

79 Responses to "13 Ciri Unik Khas Orang Sunda"

  1. Saya dr jgja..sya sngat mengidolakan sunda...0rng2nya budaya dan alamnya..aku cinta sunda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dari Sunda, keturunan Sunda tulen. Saya juga suka Jogjakarta. Saya cinta Jogjakarta. Sekarang saya sedang kuliah di UGM. :)

      Hapus
    2. gak nanya yaaaazzzzzzzz bitch

      Hapus
    3. Tau lo beverly kotor bgt bahasa lo,ga di didik?

      Hapus
  2. sok atuh lur hayu urang lestarikeun deui budaya sunda nu tereh tilem ku jaman ayeuna,ulaj gengsi jadi urang sunda da urang sunda mah someah kasasaha hehe

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. abdi nyaah ka jawabarat 😘 abdi nyaah ka sumedang 😆

    BalasHapus
  5. Ulah nyebut urang sunda mun era ngomong sunda....

    BalasHapus
  6. Hahaha, bener jga, wktu aq lg jln, eh dipnggil 'teh'..aq diem aja, cz tdnya gk ngerti... Org sy bkn asli Sunda...

    BalasHapus
  7. Satuju pisan, da urang sunda mah dimana-mana oge tara menonjolkan diri, ka reuseupna sok menanjalkan diri.

    BalasHapus
  8. ayeuna usum hujan yeuh,, sare we urang sunda mah,, ulah huhujanan teu pararuguh .. 😁😁

    BalasHapus
  9. Reueus ku urang sunda téh

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Urang ngarantau sakola di jogja & tiasa nabung oge

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampura a.. ngiringan promosi

      http://nagaihanakun.blogspot.co.id/2016/09/selamat-pagi-semuanya.html

      hatur nuhun

      Hapus
  12. salam ti baraya sunda pdp-team.blogspot.com

    BalasHapus
  13. hayu lestarikeun akang teteh sadayan mugia ulah hical

    BalasHapus
  14. hayu lestarikeun akang teteh sadayan mugia ulah hical

    BalasHapus
  15. tong gengsi nyebut bahasa sunda
    da gening ayena mah budak alit ge
    Di ajarkeun bahasa indonesia ku ramana

    BalasHapus
  16. tong gengsi nyebut bahasa sunda
    da gening ayena mah budak alit ge
    Di ajarkeun bahasa indonesia ku ramana

    BalasHapus
  17. tembongkeun, ka dunia bahwa orang sunda teh ngabogaan prestasi jeung tatakrama anu hade. Maju terus urang sunda, abdi oge reeus jadi urang sunda, salam ti urang sunda Tangerang

    BalasHapus
  18. Yang jadi lonte , PSK dan persundalan di Tanjung Balai Karimun majotitinya cewe dan Janda dari Bandung ....Sundanese wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  19. Yang jadi lonte , PSK dan persundalan di Tanjung Balai Karimun majotitinya cewe dan Janda dari Bandung ....Sundanese wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaps mayoritas cewe bandung karena cantik2 bohai2 makanya laku, kalo lonte dan psk nya cewe dari daerah lo mana laku jangankan suruh bayar kasih gratis aja ogah 😅😂 wkwkwkwkwk w k w k w k

      Hapus
    2. Yaps mayoritas cewe bandung karena cantik2 bohai2 makanya laku, kalo lonte dan psk nya cewe dari daerah lo mana laku jangankan suruh bayar kasih gratis aja ogah 😅😂 wkwkwkwkwk w k w k w k

      Hapus
  20. Hayu urang sasarengan lestarikeun budaya sunda.. Bandung juara!!

    BalasHapus
  21. lanjutken nulis artikelnya sing rajin update.!
    mantap yeh artikel.!


    Cara Tradisional Mengobati Neuropati

    BalasHapus
  22. Orang sunda memang lembut, saya suka dengan Tutur katanya...



    JUAL FURNITURE MINIMALIS MODERN

    BalasHapus
  23. hapunten kang,.. ngiring nganjang... hayu ah linggih heula ka blog sim abdi...

    http://nagaihanakun.blogspot.co.id/2016/09/selamat-pagi-semuanya.html


    hayu ahh urang rame keun
    hatur nuhun

    BalasHapus
  24. Bonus...." URANG SUNDA ÉTA JUJUR "
    Tapi Ada Pertanyaan... Kenapa Satupun Dari Kita Tidak Ada yg Jadi Nomer Hiji Di Indonesia.Padahal Paluangna Tèh Besar

    BalasHapus
  25. Sok atuh budayaken, da diurang mah usum keneh maen gatrik,jonteng,sorodot gaplok,pangal,arosok ngarawih dih bari neangan manuk,, d dinya kitu te

    BalasHapus
  26. Sok atuh budayaken, da diurang mah usum keneh maen gatrik,jonteng,sorodot gaplok,pangal,arosok ngarawih dih bari neangan manuk,, d dinya kitu te

    BalasHapus
  27. Hayuh ah urang maen panggal/pangal/gasing.

    BalasHapus
  28. Yeahhh abdi budak Sunda ngeun ngaha buah budak Jawa sok sieun ka budak Sunda, Mun serangan Abi geh sok Wee di sindiran... Ngeun teu sakabehna ogeh sih...
    Abi ti Bogor, umi ti Sumedang... Ngeun ayeba Abi ti Jakarta, sayang na mah abi di Bandung... Teu betah di Jakarta mah, lolobana Jawa kowek 😎

    BalasHapus
  29. komentar ini telah di hapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. ketawa gw baca ni bener pisan euy

    BalasHapus
  31. Abdi bangga jadi urang sunda, sanajan aya komentar anu diluhur nu ngahina, nyindir atawa ngaledek ka urang sunda, ku dulur sadaya teu diwaler, tah eta bukti urang sunda mah handap asor, lega manah, tiis pikir herang panon

    BalasHapus
  32. Abdi bangga jadi urang sunda, sanajan aya komentar anu diluhur nu ngahina, nyindir atawa ngaledek ka urang sunda, ku dulur sadaya teu diwaler, tah eta bukti urang sunda mah handap asor, lega manah, tiis pikir herang panon

    BalasHapus
  33. Urang sunda irung na euweuh nu pesek, nu pesek berarti sunda kw :-)

    BalasHapus
  34. Urang sunda irung na euweuh nu pesek, nu pesek berarti sunda kw :-)

    BalasHapus
  35. Urang sundamah tititna ararageung.. muhunn.. janten ngeunah kana lang baok

    BalasHapus
  36. Aku masih penasaran sama karinding...Kok suaranya bisa unik ya.
    set kamar anak
    box bayi
    set kamar
    tempat tidur tingkat

    BalasHapus
  37. super = sunda perantau aya di sumatra tapi masih make bahasa sunda kunaon jati diri sunda nu ajati

    BalasHapus
  38. Abdi oge asli Sunda tepatnya di Rancah Ciamis. Ada yg bda logat Sunda kuningan, Cianjur, Bandung dan Garut dari logat kampung sayah. Kalo Bandung sering saya dengar pake bhsa indo Sunda campur dan logat nya khas. Kalo kampung saya tegeug gak ada logat nya samasekali memang di kac. Rancah juga ada beberapa kampung yg ada logat nya cuman beda dari yg lain. Saya pernah d Bekasi baru sebulan tapi bhsa indo nya gak ada logat sunda daerah manapun. Saya di sangka asli orang Bekasi. Makanya saya pindah ke Bandung di sangka nya orang kota Bekasi jkt dan sekitarnya. Karena basa indo nya seperti orang kota. Gak ada yg percaya kalo saya bilang asal saya dari ciamis. Di sangka nya orang kota padahal saya asli anak kampung di pasisian Ciamis malahn mah di lewngna pisan. Namun saya sangat bangga jd orang Sunda karena banyak teman saya yg minta belajar bhsa sunda.

    BalasHapus
  39. @beverlyb,nyarios sing sopan bisi di tampiling eta cungur sia teh..

    BalasHapus
  40. TERIMA KASIH BANYAK YA ORANG SUNDA

    BalasHapus
  41. Wkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  42. Nya leres pisan orang sundamah emang kitu ciricirina.aku bangga jadi sunda.

    BalasHapus
  43. Agen Slot Terpercaya
    Agen Situs Terpercaya
    88CSN Menyedikan Permaianan Online
    - Sportbook
    - Live Casino
    - Slot Game
    - Poker
    - Tembak Ikan
    * Bonus 180% NEW MEMBER
    * Bonus New Member 30%
    * Bonus Happy Hour 25%
    * Bonus 20% Poker
    *Bonus Setiap Hari 5%
    Segera Bergabung Dengan Kami :
    Contact :
    WA : 081358840484
    BBM : 88CSNMANTAP
    Facebook : 88CSN
    www.wes88.com

    BalasHapus
  44. Sim kuring urang sunda " asli Garut !

    BalasHapus
  45. Sim kuring urang sunda, asli Garut !

    BalasHapus
  46. Org sunda gak suka merantau?? Justru sekarang banyak yg merantau bahkan sampai negeri orang,,, contohnya saya malah lebih suka merantau 😁

    BalasHapus
  47. Aweome Post. Thanks to share the Valuable Information. Now If You want to know about Who is Viewing your Instagram account then visit here to know about Instastalker.

    BalasHapus
  48. Urang Sunda geura hudang, ayeuna mimpin nagara

    BalasHapus